Air Mata Duka untuk Guru Kanis Nule, S.Pd

     Sangat mengharukan juga bahwa selama bertahun-tahun, sistem pendidikan nonformal dan formal kita telah mengikuti sistem pendidikan model Eropa yang menekankan pendidikan dengan wawasan dan keterlibatan sosial yang besar. Sistem pendidikan dengan warna sosial ini juga merambah sistem pasar di mana model ekonomi pasar-pasar juga memberi warna pada sistem sosial yang lebih besar.

Photo0088

Para guru SMA Kristen Atambua melayat jenasah alm. Kanisius Nule, BA, S.Pd di rumah duka di desa Napan, kecamatan Bikomi, TTU (Foto:Dokpri)

     Saya melihat pada rumah-rumah di mana ada kedukaan, tanpa diundang begitu banyak tetangga telah berkumpul untuk memberikan bantuan ala kadarnya dengan membersihkan rumah, menyiapkan tenda kedukaan dengan kursi-kursi, membantu urusan dapur, dll. Semua tenaga dan urusan dalam peristiwa kedukaan dengan situasi keterlibatan sosial membuat semua urusan begitu lancar. Pengeluaran biaya diperkecil sedemikian sehingga tidak sampai merugikan keluarga yang berdukacita. Bahkan perkumpulan kedukaan para tetangga siap dengan sumbangan telah ikut meringankan penderitaan keluarga yang berduka. Kenyataan ini harus terus dipertahankan bahkan terus ditingkatkan untuk masa depan.

Continue reading Air Mata Duka untuk Guru Kanis Nule, S.Pd