Kiat Menarik Minat Para Siswa/i Untuk Masuk Sekolah

        Kiat Sekolah dalam menarik para siswa/i untuk melamar masuk Sekolahnya amat penting. Menginjak awal tahun ajaran baru nanti, Sekolah-Sekolah kini ramai-ramai pasang kuda-kuda untuk menarik minat para siswa/i untuk melamar masuk Sekolahnya. Dalam banyak hal, kehidupan Sekolah dan para guru tergantung pada jumlah para siswa/i yang masuk dan melamar untuk masuk Sekolah. Tentunya peran para pendidik dan semua komponen Sekolah sangat penting dalam membuat Sekolah dibanjiri para siswa/i baru. Tanpa siswa/i yang banyak, mustahil para guru bisa hidup. Saya masih bersyukur bisa masuk kelas dan mengajar hingga saat ini ketika terjadi persaingan ketat Sekolah-Sekolah dalam merebut murid baru, Sekolah kami boleh dibilang masih terisi penuh.

Continue reading Kiat Menarik Minat Para Siswa/i Untuk Masuk Sekolah

Masih Memprihatinkan Nasib Guru-Guru Non PNS

     Hingga menginjak usia HUT kemerdekaan RI ke-71 tahun ini, kedudukan guru-guru honorer dan guru-guru Non PNS di luar pulau Jawa masih memperihatinkan dan tampaknya tidak terlalu diperhatikan secara bagus. Gaji para guru non PNS tak pernah disebutkan secara terbuka. Tapi umumnya di bayar di bawah UMP. Malahan SK GTY hanyalah alih-alih, kenyataannya gaji guru-guru Non PNS sama sekali dibayar di bawah UMP yang wajar. Penyebabnya ialah pemerintah tidak mau terlalu campur tangan untuk gaji-gaji guru Non PNS. SK Inpasing Guru Non PNS ternyata tak pernah ada dalam kenyataan. Yayasan tak pernah berupaya untuk membantu Guru-Guru Non PNS mendapatkan SK Inpasing mereka. Umumnya mereka berjuang sendiri untuk mendapatkannya namun tak pernah ada. Mereka tidak pernah mendapatkannya.     

Continue reading Masih Memprihatinkan Nasib Guru-Guru Non PNS

Harusnya Pemegang Sertifikat Pendidik Dari PLPG Non PNS Masih Bisa Berharap Jadi PNS

     Umumnya proses Sertifikasi Guru selama ini dilakukan dengan 2 cara yakni jalur PPG dan jalur PLPG. Jalur PPG merupakan singkatan dari Pendidikan Prajabatan Guru sedangkan jalur PLPG ialah Pendidikan Lanjut Profesi Guru. Perbedaannya jelas pada status pesertanya. Bahwa status peserta PPG ialah mahasiswa yang baru saja tamat S1 Guru dan Kependidikan. Lamanya PPG bisa hingga 1,5 tahun. Sebagai peserta, setiap peserta PPG diberikan Nomer Induk Mahasiswa (NIM). Sedangkan peserta PLPG diberikan No. Peserta Sertifikasi Guru Dalam Jabatan. Para peserta PLPG ialah para guru yang sudah mengabdi minimal 5 tahun dalam jabatan sebagai guru baik guru PNS maupun Guru Tetap Yayasan (GTY) atau guru honorer daerah, atau guru honorer sekolah. Status mereka (peserta PLPG) ialah guru dalam jabatan.

Continue reading Harusnya Pemegang Sertifikat Pendidik Dari PLPG Non PNS Masih Bisa Berharap Jadi PNS

DESEMBER KELABU

Oleh: Simon Fahik, S.Pd, Gr*

     Saat masuk di SMP, aku dan Tony  tidak ada yang luar biasa, karena aku dan Tony sudah saling kenal sejak  duduk di bangku TK dan  SD…  Pertemanan kami tidak berakhir, kami tetap bersama:  duduk bersama, pulang bersama,bermain bersama….dan saat kami hendak mengikuti ujian akhir SMP …”. Tony bertanya kepadaku, “Apakah di hatimu masih ingin untuk kita berdua ….jika kita tamat SMP  masihkah kita masuk pada sekolah yang sama lagi seperti waktu kita dari TK sampai SMP?”

“Ya”,…jawabku,…”aku masih ingin untuk kita masuk pada sekolah yang sama lagi…tapi mengapa engkau bertanya demikian padaku  Tony?”.

Jawab Tony, “Apakah di hatimu sama seperti hatiku yang selama ini ,,,,,”merindukankanmu”, kataku padanya…”Aku sejak lama sudah menaruh perhatian padamu. Aku ingin mengatakan sesuatu padamu….tapi bibir  ini tidak  sanggup untuk mengungkapkannya karena  aku seorang Wanita ….sebetulnya di hati ini …ingin berkata  pada mu Tony aku….aku…cin….ta….. padamu”.

“Terima kasih ….Sonya …sudah lama hati ini  ingin berkata pada mu …melindungimu …… menjaga mu  sampai  akhir hidupku…”.

“Ya, sudah lama hati ini menaruh simpati padamu  Sonya  sejak kita masih di bangku kelas  satu  es em pe   ….Saat aku memandangmu  kala itu ada perubahan yang menonjol ,,,,, dada mu bagaikan bukit barisan yang setiap hari semakin indah pemandangannya…rasanya ingin untuk menggapai bukit-bukit itu tapi kaki dan tangan ini selalu kaku jika hendak melangkah untuk mengapai bukit-bukit indah?????”.

Continue reading DESEMBER KELABU