Patung Malaikat Tuhan Pembawa Warta Kebenaran di Gua Bitauni-NTT

Penulis: Blasius Mengkaka, S.Fil                  Dipublikasikan pada 30 Agustus 2014

 

Selain sebagai tempat ziarah untuk berdoa rosario di gua Maria Bitauni-NTT, gua Bitauni juga merupakan tempat di mana terdapat jalan salib peringatan sengsara Tuhan Yesus. Mengunjungi gua Bitauni, tak puas rasanya kalau kita tidak meneruskan perjalanan melalui jalan setapak berwadas menuju gua tempat makam Yesus di ujung bukit. Jalanan setapak itu penuh susunan lempengan bebatuan alam. Hanya sekitar 5 Menit perjalanan di atas puncak bukit Bitauni itu, kitapun tiba pada mulut gua makam Yesus.

Continue reading Patung Malaikat Tuhan Pembawa Warta Kebenaran di Gua Bitauni-NTT

Dinamika Kehidupan di Kompasiana

Penulis: Blasius Mengkaka, S.Fil               Dipublikasikan pada 28 Agustus 2014

 

Ada yang pergi untuk kekal dan tak akan pernah kembali lagi, ada yang menarik diri meskipun sudah terverifikasi, ada yang berjuang jauh di negeri seberang, ada yang setia menulis, ada yang ngap-ngap sambil menunggu inspirasi untuk menulis, ada yang menjadi Kompasianer tapi nol Artikel, ada yang merupakan para Kompasianer penerima bintang, dll.

Continue reading Dinamika Kehidupan di Kompasiana

Ketika Pendidikan Bermula Dari “Keringat Dingin”

Penulis: Blasius Mengkaka, S.Fil         Diposkan pada 27 Agustus 2014

Berkeringat, ya itu memang wajar bagi seseorang kalau cuaca sedang panas terik, juga kalau suhu tubuh sedang panas karena demam. Tapi keringat dingin yang satu ini lebih lain dari biasanya, yakni berkeringat kalau diminta mengerjakan soal-soal PR yang sama sekali orang tidak tahu. Bahkan ketidaktahuan itu tampak nyata di muka kelas pula, menghadapi papan tulis yang hitam dengan kapur putih di tangan.

Continue reading Ketika Pendidikan Bermula Dari “Keringat Dingin”

Selamat Jalan Taufik H Mihardja, Engkaulah Salah Satu Putera Terbaik Indonesia!

Penulis: Blasius Mengkaka, S.Fil                       Dipublikasikan pada 27 Agustus 2014

Taufik H. Mihardja
Foto diambil dari www.kompasiana.com/taufikmihardja

Saya baru saja kembali dari Sekolah setelah mengajar tiga jam Pelajaran hari ini. Tidak sempat saya menjatuhkan diriku di kursi ruang Guru. Terlihat beberapa kawan Guruku sedang asyik membuka Komputer. Continue reading Selamat Jalan Taufik H Mihardja, Engkaulah Salah Satu Putera Terbaik Indonesia!

Pro-Kontra Penggunaan HP di Sekolah

Sekarang ini banyak siswa/i dan para guru SMP dan SMA telah membawa dan menggunakan HP di sekolah. Bagi para orang tua, penggunaan HP bagi anak-anaknya di sekolah dirasa sangat penting agar orang tua bisa memonitor keberadaan anak-anaknya di sekolah. Namun di satu sisi, bisa juga menimbulkan gangguan baru yang membuat para siswa/i sibuk sendiri dengan urusannya tanpa memperhatikan pelajaran di dalam Kelas.

Aue, Singgahlah Dulu Ko!

Penulis: Blasius Mengkaka, S.Fil                      Dipublikasikan pada 22 Agustus 2014

 

Wartawan NTT, Dion DB Putera menuliskan kalimat seruan “AUE mampir dulu” di Blog pribadinya yang beralamat di www.dionbata.com. Bagi saya kalimat ini segera mengingatkan saya akan kebiasaan kami orang NTT di kampung-kampung kami. Pada waktu masa kecilku sekitar tahun 1983, saya pernah menemani kakekku berkunjung ke rumah saudaranya nun jauh di kaki bukit Nibniba-TTU, NTT. Continue reading Aue, Singgahlah Dulu Ko!