Saatnya Indonesia Cerdas Internet

Penulis: Blasius Mengkaka, S.Fil

Posted: Selasa, 08 Januari 2013

Hampir seminggu saya berselancar dengan Media ASK.FM dengan pengguna media yang sama dari seluruh dunia, teristimewa dari negara-negara berbahasa Jerman. Ada banyak manfaat positif yang dapat saya petik melalui komunikasi dalam Media ASKFM. Salah satu dari sekian banyak manfaat itu ialah bahwa melalui Media ASK.FM, saya dapat menyalurkan kemampuan berbahasa Jerman dengan para penurut bahasa Jerman asli. Aktivitas bertanya dan menjawab sebuah persoalan memang tidak memerlukan banyak energi.

Justeru yang membuang banyak energi ialah ketika orang harus banyak berpikir sebelum memberikan jawaban yang sulit, perlu cukup waktu untuk menganalisis, manakah pertanyaan yang bernuansa santai, serius, lelucon, humor, dll. Maka untuk membedakan pertanyaan seperti itu, orang harus menganalisis secara tajam sebelum memutuskan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan tersebut. Para pengguna harus memberikan jawaban pendek dan jawaban panjang. Bentuk jawaban-jawaban seperti itu merupakan hal-hal pokok dan tepat bagi para penjelajah Media ASK.FM.

Sesuatu yang sangat menarik minat saya ialah bahwa setelah seminggu berselancar di Media ASK.FM, saya menemukan sesuatu yang menggembirakan yang tak dapat saya temukan di Indonesia, yakni bahwa para peselancar Media ASK.FM dari luar negeri ada yang baru saja berumur 10 tahun! Boleh dikatakan mayoritas pengguna Media ASK.FM rata-rata merupakan remaja berumur muda antara 10 tahun ke atas. Hal ini memang menarik. Meskipun pertanyaan-pertanyaan dan jawaban-jawaban yang diberikan sering menjadi pendek dan sulit dipahami, namun para remaja yang berasal dari negara maju itu, sudah memiliki kemampuan besar sejak usia muda untuk berselancar dan menggunakan Media internet dengan berhasil.

Substansi pertanyaan yang biasanya diajukan dapat disebutkan di sini misalnya, tentang pendidikan, tentang perasaan, relasi, orang tua, seks, tentang cinta, tentang musim dan cuaca, dan tentang pengalaman kehidupan yang mengitari para remaja. Akibat berkomunikasi dalam sebuah Media yang terbuka dan penggunanya sulit untuk dilacak keberadaannya, maka isi pertanyaan dan jawaban para pengguna Media ASK.FM pun sangat berani dan terbuka. Mereka tidak segan-segan bertanya tentang seks dan terbuka untuk menjawab persoalan tentang seks. Sesuatu yang sulit dihindari! Pertanyaan yang terbuka dan transparan dapat menjadi gambaran bagi orang untuk memberikan penilaian tentang siapakah sesungguhnya sang penanya tersebut?

Bagi kita bangsa Indonesia yang masih menjujung tinggi norma-norma kesopanan, norma agama dan adat istiadat sering masalah seks menjadi sangat tabu untuk dibicarakan secara transparan dalam Media. Lebih bagus kalau kita menghindar Media semacam itu. Seperti juga terjadi pada beberapa hari belakangan ini di mana account Twitter saya dimasuki Media Erotik yang menyajikan informasi-informasi tentang seks dalam bahasa Jerman. Sesuatu yang tak dapat saya hindari!

Sebagai bangsa yang menjunjung tinggi norma-norma moral, kesusilaan dan kesopanan, hati kecil saya seperti ingin protes terhadap informasi tentang seks dan pornografi yang bermunculan di Internet. Sesungguhnya tidak ada nilai lain yang dapat dipetik dari informasi seks dalam Media seperti itu, selain kehancuran moral yang berindikasi pada kehancuran keluarga dan masyarakat. Pendidikan Teknologi dan informasi (Tikom) yang telah secara intensif diberikan kepada para siswa/i kita menjadi harapan tersendiri bagi masa depan generasi muda bangsa yang cerdas media Internet. Marilah kita berusaha untuk semakin menjadi orang yang cerdas dan bertanggung jawab dalam menggunakan Media Online di Internet. Semoga sukses!

                   _______________________________________

Kurikulum 2013 dan Upaya Peningkatan Mutu Bahasa Indonesia

Penulis: Blasius Mengkaka, S.Fil

Posted: Jumat, 04 Januari 2013

Kita sudah memasuki tahun baru 2013, sebuah tahun yang amat menentukan dunia pendidikan di Indonesia. Betapa tidak, sejak bulan November 2012 tahun lalu pemerintah sudah merencanakan bahwa pada awal tahun 2013 ini, bangsa Indonesia sudah memasuki babak barudalamsosialisasi Kurikulum 2013. Sosialisasi akan berlangsung hingga Kurikulum itu dapat berlaku mulai awal Tahun Pelajaran (TP) 2013 yang akan datang.

Pemerintah RI melalui Ketua DPRRI Dr. Marzuki Ali pada rapat paripurna akhir tahun 2012 yang lalu sudah menegaskan bahwa pemerintah akan memberlakukan Kurikulum 2013 pada tahun Pelajaran baru 2013 yang akan datang. Hal ini dilakukan demi meningkatkan kualitas pendidikan dasar dan Menengah serta PT di Indonesia. Masyarakat diharapkan mendukung dengan penuh harapan pemberlakukan Kurikulum 2013 ini demi peningkatan kualitas pendidikan Indonesia yang selaras zaman.

Pada lain kesempatan saya sempat membaca berbagai tulisan dan pernyataan yang menolak Kurikulum 2013 dengan beragama alasan antara lain disebutkanbahwa Kurikulum 2013 kurang persiapan dan sosialisasi secara luas sehingga dapat berdampak signifikant yakni pemborosan Anggaran Pendidikan. Maka sebaiknya Kurikulum 2013 ditolak saja. Saya pun pernah menulis pernyataan itu di Twitter saya. Saya menulis demikian: “Tolak Kurikulum 2013. Sebaiknya dana-dana untuk Kurikulum 2013 itu digunakan bagi kesejahteraan guru-guru honor” Tulisan yang saya buat secara emosional ini dapat saja membuat merah kuping orang-orang yang sementara berjuang “mengail ikan di air yang keruh”. Ini adalah sindiran secara halus bagi oarang-orang bermental sekretarian yakni berpura-pura memperbaiki keadaan namun berkedok memperparah keadaan.

Pada waktu itu saya berpikir bahwa kesejahteraan para guru honor kita masih di bawah sekali padahal para guru honor kita kini tergolong dalam jumlah mayoritas. Namun tingkat kualitas para guru-guru honor kita itu tidak menjamin kualitas pendidikan kita menjadi tinggi. Pada saat itu saya berpikir juga bahwa kita kini belum menyelesaikan sebuah masalah KTSP dan kini kita harus menghadapi Kurikulum 2013 dengan masalahnyayang baru.

Setelah saya mengikuti pernyataan ketua DPRRI Dr Marzuki Ali di MetroTV, pemikiran saya kini sejalan dengan beliau. Pemikiran saya ialah bahwa Kurikulum 2013 merupakan tanggung jawab dan tugas kita semua untuk membuatnya menjadi lebih bermutu dan berkualitas, bukan tugas pemerintah saja. Andaikata sosialisasinya hanya pada kalangan terbatas gur) (guru berprestasi nasional, elitis guru), itu bukan berarti bahwa para guru di tingkat daerah kurang berkualitas.

Kenyataannya menunjukkan bahwa daerah-daerah kita di Indonesia merupakan basis bagi bertumbuhnya karakter para guru yang luar biasa. Zaman Internet sekarang ini, boleh dapat dikatakan bahwa perkembangan dan pertumbuhan konektivitas antara guru dan pendidik di daerah-daerah telah merata dan seimbang. Bila dahulu pendidikan itu bersifat Jakartasentris, sekarang ini sudah merata di mana-mana. Telah muncul banyak kantong-kantong pusat pertumbuhan pendidikan dan informasi secara merata dan karena itu bukan Jakartasentris lagi.

Semangat dan spirit yang tinggi telah diperlihatkan segelintir orang yang merasa terpanggil untuk menyelamatkan dunia pendidikan kita dari jurang ketertinggalan dan semangat letih-lesu yang berkepanjangan. Kurikulum 2013 merupakan cerminan spirit dan semangat yang terus menggelora untuk memajukan dunia pendidikan itu. Semangat itu telah dan akan terus menjadi tonggak yang tak akan pernah padam nyalanya sepanjang sejarah pendidikan bangsa.

Spirit dan semangat yang ditampilkan dalam Kurikulum 2013 itu menandaskan sekali lagi bahwa kemerdekaan bangsa kita bukan merupakan hadiah secara cuma-cuma, namun merupakan hasil perjuangan dan kerja keras serta dirahmati oleh Tuhan Yang Maha Esa. Itulah sebabnya ketika semangat itu letih lesu, maka perlu dibangkitkan kembali hasrat dan semangat itu dalam sebuah formulasi Kurikulum 2013 yang akan membawa kita menuju Indonesia yang lebih baik dan Indonesia yang baru, dunia Indonesia yang penuh damai dan maju.

Sebagai seorang guru yang dibiayai secara resmi oleh pemerintah, saya mau tidak mau harus mengikuti dan menyesuaikan diri dengan segenap program pemerintah ini, termasuk menerima Kurikulum 2013 yang akan berlaku pada Tahun Pelajaran (TP)2013. Dalam hal penjabaran dan pelaksanaan Kurikulum 2013,Saya harus loyal dan taat kepada atasan kita. Maka terhadap hal ini yang perlu kita buat – sebagai guru – ialah membuat Kurikulum 2013 itu menjadi bermutu dan berdaya guna bagi kepentingan kesejahteraan dan peningkatan mutu pendidikan kita. Dan juga mengadaptasikannya sejauh perlu agar tidak menimbulkan dampak negatif di bidang ketertiban sosial.

Namun bila kita berbicara tentang guru dan pendidikan selalu penuh persoalan dan selalu menimbulkan masalah yang tidak akan pernah selesai secara tuntas. Bukan saja di tanah air kita tercinta ini yakni bumi Indonesia namun juga di negara-negara yang sudah maju dan modern seperti AS, Inggris, Jerman dan Perancis. Semua negara-negara di dunia memiliki persoalan tentang guru dan pendidikan hingga hari ini.

Jaminan kesejahteraan guru dan kualitas pendidikan selalu diperbincangkan sepanjang periode kehidupan berbangsa. Hal itu disebabkan berbedanya jamainan kesejahteraan yang diterima para guru yang sedang mengajar di kelas. Setiap tahun para Sarjana Pendidikan kitasemakin bertambah dan penerimaan tenaga Honor Sekolah pun bertambah banyak. Tentu saja hal itu selain menggembirakan namun dapat saja menambah litani deretan persoalan pendidikan yang tak akan pernah paripurna diselesaikan secaratuntas.

Beberapa hal penting akan muncul dalam penjabaran Kurikulum 2013 ini ialah:

Pertama, munculnya peningkatan bagi mentalitas kemandirian, kreatitivitas, daya juang, daya saing, tanggung jawab dan irama kegiatan yang tinggi yang akan melanda para siswa kita dan para pendidiknya baik Pendidikan Dasar, Menengah maupun Pendidikan Tinggi.

Kedua, melalui semakin tingginya irama kegiatan di sekolah yang membutuhkan kemandirian, kreativitas dan tanggung jawab maka dengan sendirinya akan meningkatkan juga kualitas formal bahasa Indonesia. Kegiatan persekolahan membutuhkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Indonesia secara resmi atau formal. Maka para siswa dan pendidik akan terus dibiasakan dalam suasana komunikasi berbahasa yang baku dan benar.

Ketiga, meningkatkannya jam-jam kegiatan di sekolah berpretensi kepada meningkatnya komunikasi berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Sebagaimana diketahui bahwa dewasa ini jam-jam bekerja PNS di kantor-kantor telah dikurangi hanya 5 hari kerja dan masa kerja antara Jam 06.45 hingga 13.45 siang. Pada jam-jam seperti itu terlihat interaksi secara formal dapat berlangsung terutama dalam hal berbahasa Indonesia. Setelah jam kerja dan sekolah selesai orang kembali kepada rutinitas dalam pergaulan sehari-hari yang santai dan tidak resmi. Orang kembali menggunakan bahasa Indonesia dalam fungsinya sebagai bahasa sehari-hari yang sering melenceng dari aturan tata bahasa yang benar dan baku.

Keempat, Kurikulum 2013 akan memberikan banyak keleluasaan bagi meningkatnya jumlah penerbitan buku dan majalah. Baik majalah cetak maupun buku dan majalah elektronik. Dengan demikian semakin memperkecil ruang gerak bagi berkembangnya bahasa-bahasa pergaulan yang pada intinya merupakan bahasa plesetan dari bahasa Indonesia. Bahasa formal menetapkan hal-hal baku yang patut diikuti dan membutuhkan keseriusan sedangkan bahasa nonformal lebih santai dan sering campur aduk dan melenceng dari tata bahasa yang benar dan baku. Bila sebagian besar waktu dihabiskan untuk berbicara dan berkomunikasi dalam suasana tidak formal, maka bahasa Indonesia akan sangat sulitdapat meningkat secara kualitas. Kenyataan sekarang terjadi bahwa sangat sedikit waktu, tenaga, perhatian dan kerja dengan porsi yang sangat sedikit bagi hal-hal formal dari pada hal-hal santai atau tidak formal.

Kelihatannya pemerintah memiliki agenda besar terhadap rencana peningkatan fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional pada tahun-tahun mendatang. Maka Kurikulum 2013 sedapat mungkin memberikan ruang gerak yang cukup bagi peningkatan publikasi ilmiah baik untuk konsumsi sekolah maupun untuk konsumsi publik. Ini menunjukkan bahwa bahasa Indonesia semakin mahal dan memiliki nilai jual yang tinggi. Bahasa nasional dari sebuah kawasan yang luas, padat penduduknya, kaya raya dan merupakan negara demokrasi besar serta negara kepulauan terbesar di dunia tentu akan terus dan selalu diperhitungkan oleh bangsa-bangsa di dunia.

Kebijakan Kurikulum 2013 berhubungan dengan kebijakan sebuah rezim yang berkuasa karena itu patut ditaati. Sebuah rezim yang sedang berkuasa tentu akan memaksakan kekuasaannya dan bersifat otoriter dan tertutup. Semoga kebijakkan Kurikulum 2013 menimbulkan dampak signifikan bagi kemajuan semua kalangan dan teristimewa masa depan generasi muda bangsa yang cerdas dan berbangga diri memiliki bahasa nasional yang amat diperhitungkan oleh dunia.

                                    _____________________________

Jejaring Sosial Ask.Fm

Penulis: Blasius Mengkaka, S.Fil

Posted: Rabu, 2 Januari 2013

Hari ini adalah hari kedua dalam bulan Januari tahun baru 2013. Pada awal tahun yang baru ini, saya secara tak terduga dan bahkan kebetulan saya dapat berkenalan dan terampil menggunakan sebuah Media Sosial yang baru buat saya. Media Sosial itu ialah ASK.FM yang jarang digunakan oleh para pengguna jejaring sosial di Indonesia. Saya menemukan Media inipun bukan dalam bahasa Indonesia melainkan dalam bahasa Jerman dari seorang rekanku dari Jerman yang mem-Follow Twitterku @BlasiusMengkaka yang saya tuliskan dalam bahasa Jerman. Memang sejak menggunakan Twitter, hampir semua pernyataanku saya tuliskan dalam bahasa Jerman agar penggunaan bahasa Jermanku semakin tajam. Maklumlah saya seorang guru bahasa Jerman di SMA Kristen Atambua yang bertugas mengajar bahasa Jerman sejak tahun 2005.

Ketika berkenalan dan menggunakan ASK.FM saya pun menjadi sadar bahwa penggunaan Media Sosial di Indonesia masih sangat sempit. Banyak orang di Indonesia setiap hari hanya berkutat pada Facebook saja tanpa menyadari bahwa ada banyak Sosial Media yang saling terhubung satu sama lain. Penggunaan ASK.FM di dunia pun hanya sedikit sekali jika dibandingkan dengan Media Sosial lainnya yang sudah sangat terkenal dan memiliki banyak pengguna misalnya Facebook dan Twitter.

Menurut sumber Wikipedia, pada bulan November 2012 tercatat hanya 21 juta pengguna Media Sosial ASK.FM di dunia. Bila kita melakukan penelusuran penggunaan Media Sosial ASK.FM di Indonesia mungkin hanya sekitar 5 452 saja. Bisa saja tidak sampai 9000 pengguna, lagi pula kebanyakan pengguna itu tidak aktif selalu. Ini menunjukkan bahwa Media ASK.FM kurang populer di Indonesia. Padahal di negara maju justeru Media ASK.FM ini sangat populer termasuk Jerman.

Media Sosial ASK.FM secara resmi dilaunced pada bulan Juni 2010 di Riga, Latvia. Media ini digambarkan sebagai sarana sosialisasi dengan cara menyusun pertanyaan dan menjawab pertanyaan “from other to member of this Site and Your Response can be receive by your Friend(s)”

Media Sosial ASK.FM adalah tipe Media Sosial Q & A Website yang terhubung dengan Media Sosial anda yang lain misalnya Facebook, Email dan Twitter sehingga apa yang anda tuliskan di Media ASK.FM akan secara otomatis terkirim jugakeberanda Facebook, Twitter dan Email anda. Inti dari Media ASK.FM ialah memacu kemampuan anda untuk membuat pertanyaan sebanyak-banyaknya lalu mengirimkannya kepada teman-teman anda untuk dijawab teman-teman anda.

Bila mereka menjawab pertanyaan yang menurut anda benar maka anda harus memberikan konfirmasi dengan membubuhkan jempolmu. Fitur ASK.FM akan secara otomatis memberitahukan bahwa ada pertanyaan yang dikirimkan teman kepadamu dan bahwa ada teman anda yang telah memberikan jawaban terhadap pertanyaan anda dan juga ada teman yang mengirimkan hadiah buat anda dan memberikan jempolnya terhadap jawabanmu. Jenis hadiah tersebut ada di daftar hadiah Fitur ASK.FM, anda tinggal memilih jenis-jenis hadiah yang akan anda kirimkan kepada teman-teman anda.

Berikut ini, saya akan mengemukakan langkah-langkah yang harus andalakukan untuk proses penggunaan MediaSosial ASK.FM sebagai berikut:

1. Anda harus memiliki Account Twitter sendiri. Bila anda belum memiliki Account Twitter maka anda harus segera mendaftarkan diri sebelum masuk pada proses ini

2. Mencari salah seorang pengguna Media ASK.FM. Pengguna ASK.FM di Indonesia memang sulit dicari sebab jumlah penggunanya mungkin hanya di bawah sekitar9000 orang saja. Sebaiknya anda mencari para penggunaASK.FMdan tentu sebaiknya mem-Follow Twitterku dulu (Hehehee). Pengguna aktif ASK.FM pada Beranda Twitternya akan terdapat tulisan yang merupakan tulisan kiriman yng berisi pertanyaan-pertanyaan yang telah dituliskannya di Beranda ASK.FM, misalnya di Beranda Twitter Blasius Mengkaka tertulis:

Hast Du nicht Abendessen gegesen? Doch, Ich habe Abendessen gegesenask.fm/10i8a539.

Klik satu kali pada kata yang bertanda garis bawah atau kata yang bertinta merah tersebut.

3. Setelah itu akan muncul dalam layar anda alamat ASK.FM Blasius Mengkaka yang berisi pertanyaan dan jawaban serta Halaman ASK.FM baru dengan 2 tulisan DAFTAR dan MASUK. Silahkan klik DAFTAR

4. Lakukan pendaftaran seperti biasa. Isi alamat Email, Facebook, Twitter dan Website anda secara benar.

5. Bila sudah selesai mendaftar maka anda akan menerima konfirmasi dari ASK.FM tentang alamat ASK.FM anda sekarang misalnya alamat ASK.FM Blasius Mengkaka ialah Http://www.ask.fm//BlasiusMengkaka.

6. Setelah mendaftar kini anda boleh mengklik kata MASUK untuk memulainya. Ketika anda mengklik kata MASUK akan muncul di layarkata: LOGIN dan Masuk Menggunakan Facebook, Email, Twitter. Sebaiknya tidakmengklik LOGIN sebab prosesnya akan lama. Klik saja Masuk Menggunakan Twitter…

7. Setelah mengklik Masuk Menggunakan Twitter maka akan muncul halaman ASK.FM milik anda,kemudian anda perlu login dengan menggunakan email anda. Silahkan login menggunakan Email andadan setelah login sekarang silahkan anda menggunakannya. Beberapa bagian yang anda temukan di sini ialah: Beranda, Pertanyaan, Profil, Penelusuran, Pengaturan, jempol, memberikan hadiah dan pemberitahuan.

Silahkan melakukan penjelajahan di Media Sosial ini. Saya yakin anda akan pintar menggunakannya. Khusus untuk Fitur mengirim hadiah kepada teman anda membutuhkan biaya tambahan berupa uang yang besarnya setara Rp 3.300 yang dibayar melalui pemotongan pulsa di nomerAS/Simpati anda. Bila anda telah berhasil mengirimkan hadiah ke teman anda maka hadiah itu akan muncul minimal 7 hari di halaman ask.fm teman anda tersebut.

8. Silahkan menyusun dan menjawab pertanyaan sebaik-baiknya dan sebanyak-banyaknya. Setiap tulisan anda tentu akan secara otomatis terkirim jugake beranda Email, Facebook dan Twitter anda dan akan dibaca oleh semua teman dan semua pengunjung Media Sosial anda tersebut. Selamat mencobanya.

Rasakan sendiri manfaat Media Sosial ASK.FM dalam hidup anda. Apabila anda seorang pelajar, mahasiswa dan sarjana saya coba merangkum manfaat penggunaan Media Sosial ASK.FMdalam kalimat ini: Sosial Media ASK.FM: Medium untuk mengasah kecerdasan berpikir, mengungkapkan diri dan keterampilan berbahasa.

1. Kecerdasan berpikir terungkap dalam kemampuan anda menyusun pertanyaan dan menjawab pertanyaan teman-teman anda sendiri. Semua pertanyaan harus saling berbeda satu sama yang lain. Demikianpun semua jawaban berbeda satu sama yang lain

2. Mengungkapkan diri maksudnya; bahwa untuk dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan dan mampu menyusunnya secara bagus. Makaanda perlu memiliki kemampuan untuk mengungkapkan semua persoalan, kenyataan dan segala aspek kehidupan anda kepada teman-teman anda dan anda sendiri secara tertulis

3. Keterampilan berbahasa seperti teruji dalam Media Sosial ini. Sebaiknya menggunakan bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan bahasa Jerman secara benar dan bakuagardapat memacu anda untuk semakin paham dalam penguasaan kata, kalimat dan wacana dalam tata bahasa dan struktur-struktur.

Secara pribadi saya mencoba terus menyusun dan menggunakan bahasaJerman di Twitterku dan juga di ASK.FM bukan untuk gagah-gagahan namun sebagai sarana untuk meningkatkan pengetahuan dan pendalaman bahasa Jerman di dunia, sebagai tindakan nyata menggunakanbahasa Jerman sebagai bahasa pergaulan, bahasa ilmu pengetahuan demi relasi yang harmonis antara Indonesia dan negara-negara berbahasa Jerman di dunia. Selamat berselancar dengan bertanya, menjawab, memberikan hadiah dan seterusnya melalui Jejaring SosialWWW.ASK.FM.COM.

                  _____________________________________

� prev