Enampuluh (60) Tahun Hubungan Diplomatik RI-Jerman

     Kunjungan kenegaraan Presiden Wulff adalah kunjungan kenegaraan bersejarah mengingat pada tahun 2012 ini, kedua negara akan memperingati hubungan diplomatik selama 60 tahun. Hubungan diplomatik antara RI-Jerman dimulai pada tahun 1952. Pada tahun 2012 hubungan diplomatik RI-Jerman akan berusia 60 tahun. Kunjungan Presiden Wulff diharapkan akan semakin memperkokoh hubungan diplomatik antara kedua negara, yang akan menginjak usia 60 tahun pada 2012. Pada pertemuan ini akan dimanfaatkan untuk mengeksplorasi bidang-bidang kerjasama yang akan lebih dikembangkan di masa yang akan datang.

Continue reading Enampuluh (60) Tahun Hubungan Diplomatik RI-Jerman

Presiden RFJ Christian Wulff Berkunjung ke Indonesia

     Juru bicara Presiden RI H. Dr Susilo Bambang Yudoyono bidang luar negeri, Teuku Faizahsyah melalui siaran persnya telah memastikan kunjungan Presiden Republik Federal Jerman (RFJ). Christian Wulff akan terjadi pada hari Rabu, 30 November 2011 hingga Jumat, 2 Desember 2011. Presiden Wulff akan tiba di Jakarta pada hari Rabu malam, 30 November 2011. Kunjungan Presiden Wulff ke Indonesia akan membahas berbagai kemajuan dalam kerjasama bilateral Indonesia-Jerman (State of Bilateral Relations).

Continue reading Presiden RFJ Christian Wulff Berkunjung ke Indonesia

Tentang Berpikir Kritis

     Ajakan untuk Berpikir Kritis kian mengemuka di tanah air sejak kedatangan bangsa kolonial ke tanah air pada abad XV. Meskipun belum memiliki pengetahuan seperti sekarang, nenek moyang kita sudah memiliki presepsi tentang kebebasan dan kemerdekaan yang dirampas oleh bangsa asing.

     Ratusan tahun penderitaan dan perjuangan dalam kegelapan, penuh darah dan air mata menetes penuh harapan. Puncak perjuangan itu kala Ir Soekarno dan Drs Mohammad Hatta atas nama bangsa Indonesia memperoklamasikan berdirinya RI secara de facto dan de Jure. Kini dalam usia kemerdekaan yang ke-66, bangsa Indonesia tetap memiliki sikap dan berpikir kritis di tengah detak sejarah yang terus dialami bangsa Indonesia.

Continue reading Tentang Berpikir Kritis

Sekilas Perbandingan Tata Bahasa Indonesia dan Jerman

Dalam UU tentang Sistem Pendidikan Nasional tahun 1989 menekankan agar pengajaran bahasa Jerman untuk para siswa SMA di Indonesia dimaksudkan untuk pertama-tama meningkatkan keterampilan reseptif dan produktif yang mengutamakan keterampilan membaca yang dicapai dengan belajar mandiri dan mengembangkan strategi membaca pemahaman dan yang kedua adalah mengembangkan sikap toleransi terhadap kebudayaan asing, atau hal-hal yang berbau asing.

Continue reading Sekilas Perbandingan Tata Bahasa Indonesia dan Jerman