Category Archives: Pertanian

Enaknya Cendawan Timor

Menjelang panen Jagung di Timor-NTT, sekitar bulan Pebruari setiap tahun tumbuh sejenis cendawan di hutan-hutan atau kebun di wilayah Timor-NTT. Cendawan yang indah itu, muncul sendiri dari dalam tanah, mengembang lalu dipanen warga.

Panenan cendawan amat laku terjual di pasar-pasar tradisional. Cendawan dijual pada setiap pagi oleh para pedagang tradisional. Pada siang hari sudah habis dipesan atau dibeli untuk konsumsi para warga. Rasa cendawan Timor amat gurih dan enak. Sudah bertahun-tahun cendawan itu menjadi sayuran lezat dalam hidangan siang dan malam.

Continue reading Enaknya Cendawan Timor

Sepotong Ceritera Tentang Kebun, Desa dan Ladang Jagung

ikat-jagung-800x500_c-e1479693335347

Saya lahir dan besar di sebuah desa yang boleh dibilang strategis di persimpangan jalan raya negara trans Kupang-Atambua. Desa Naitimu, namanya. Desa ini memiliki sejarah panjang terkait sejarah kerajaan, kolonialisme Belanda dan Jepang, sejarah pendidikan dan sejarah gereja Katolik Timor-Belanda. Saya lahir, besar, bersekolah dan tinggal di rumah orang tua yang terletak sekitar pusat lingkungan kerajaan Naitimu yakni Halilulik. Halilulik ialah tempat di mana terdapat istana raja Naitimu dari beberapa generasi. Juga terdapat biara susteran SSpS provinsi Timor. Susteran SSpS juga memiliki kebun di sampingnya. Mereka juga menanam jagung dan sayuran serta beternak ayam, babi, kambing dan sapi.

Continue reading Sepotong Ceritera Tentang Kebun, Desa dan Ladang Jagung