Category Archives: Internet

Pitch Black Darwin, Ajang Adu Jet Tempur Multinasional 2 Tahunan

Pitch Black ialah ajang latihan Jet tempur multinasional 2 tahunan di Darwin, Australia. Pada tahun 2012 Pitch Black melibatkan 6 negara yakni Australia, Amerika Serikat, Selandia Baru, Singapura, Thailand dan Indonesia. Sejak tahun 2012, Armada penempur Su-27/30 Flanker TNI AU dapat merasakan medan latihan tempur multinasional dalam Exercise Pitch Black 2012 atau Pitch Black 12. Skadron Udara 11, Lanud Sultan Hasanuddin yang ditunjuk, mengirimkan dua Su-27SKM dan dua Su-30MK2 berikut 54 personel dengan satu Kolat (Komando Latihan) serta tiga C-130 Hercules membawa 78 kru pendukung.

Sukhoi_PitchBlack (1)

 

Dua Jet tempur Super Hornet Australia menyambut 4 Jet tempur Flanker Sukhoy Indonesia tahun 2012 di atas Darwin (Foto:militerindonesiamy.blogspot.co.id)

Kurikulum latihan pada Red Flag menjadi acuan dalam latihan gabungan angkatan udara Pitch Black 2012 yaitu  air lift, air to air combat, surface attack, deep interdiction, close air support, airborne early warning and control, air to air refuelling, tactical air transport.

Teknologi tempur Sukhoi 27 SKM dari pabriknya Knaapo di  Rusia  sangat menggentarkan karena mampu membawa rudal udara ke udara RVV-AE active radar homing, rudal udara ke permukaan KH- 29T(TE), KH-29L, KH-31P, KH-31A dan bom pintar jenis KAB 500Kr dan KAB-1500Kr. Sukhoi SU 27SKM dan SU30 MK2 telah dilengkapi dengan instrumen isi ulang BBM di udara sehingga kemampuan jelajah tempurnya semakin jauh. 

Cantelan beragam persenjataan Sukhoi mampu menggotong sampai 12 jenis senjata mulai dari rudal udara ke udara, rudal udara ke darat, roket dan bom.  Selain kemampuan serang darat yang dimiliki Sukhoi SU30 MK2 perbedaan lain yang membedakan keduanya adalah SU27 SKM memiliki 1 kursi pilot sedangkan SU30 MK2 memiliki 2 kursi pilot.  Kecanggihan teknologi Sukhoi tentu mampu menyetarakan kemampuan pilot TNI AU dengan pilot jet tempur canggih lainnya seperti F15 SG Singapura dan Super Hornet Australia.

Continue reading Pitch Black Darwin, Ajang Adu Jet Tempur Multinasional 2 Tahunan

Demi Media, Berita-Berita Bombastis Jadi Trend

Tak dapat disangkal bahwa dalam dunia Internet yang serba maju ini, banyak tulisan bertebaran di Internet. Dari antara tulisan-tulisan itu, kita dapat membaginya atas 2  bagian besar yakni: tulisan yang memuat berita-berita palsu dan tulisan yang memuat berita-berita asli. Berita-berita palsu paling mudah dikenal dalam dunia maya (Bdk. tulisan AJ Willingham di CNN.com pada 18 November 2016 berjudul: Here’s how to outsmart fake news in your Facebook feed). 

1. Biasanya Berita-Berita Palsu Berasal dari Sumber-Sumber yang Tidak Bisa Dipercayai.

Informasi palsu biasanya disebarkan dari sumber yang tidak kredibel. Biasanya berupa blog tidak profesional atau situs berita tidak kompeten. Penulisnya tidak dapat diketahui, atau tidak bisa terlacak, menggunakan akun palsu atau memalsukan namanya. Waspadalah jika sebuah kabar berasal dari sumber yang tidak diketahui kredibilitasnya. Lebih-lebih nama penulisnya tertulis secara jelas beridentitas palsu.

Hal ini bisa kita temui bahkan di Media Kompasiana.com yakni Media online keroyokan terbesar di Indonesia yang menulis tentang Ahok akhir-akhir ini. Banyak tulisan yang menyerang Ahok berasal dari sumber-sumber yang tidak bisa dipercayai. Para penulisnya menggunakan nama-nama samaran atau nama yang tidak jelas.

Continue reading Demi Media, Berita-Berita Bombastis Jadi Trend

Mengenal 3 Rudal Kendali Canggih Indonesia

Pada tanggal 3 November 2014, saat Jet tempur sergap Su-27 dan Su-30 menyergap pesawat Saudi Arabian Airlines Gulfstream IV dengan No. HZ-103 di kawasan Indonesia Timur khususnya di Timor-NTT, kedua pesawat tempur Jet itu membawa serta peluru kendali canggih yang dimiliki Indonesia yang bernama Vympell R-73.

Dalam lingkungan NATO, peluru kendali jenis ini bernama  AA-11 Acher, ini adalah salah satu dari 3 peluru kendali canggih Indonesia. Namun sebenarnya, Indonesia memiliki 3 buah peluru kendali canggih yang dioperasikan dalam pesawat Su-27 dan Su-30 saat sedang menunaikan tugasnya sebagai pesawat Jet tempur sergap. Marilah kita ikuti pembahasannya.

Continue reading Mengenal 3 Rudal Kendali Canggih Indonesia

Rancangan Jet Su-35 Kini, Agak Siluman dan Efektif Menangkal Jet F-22

Pemerintah Indonesia “beruntung” setelah memutuskan untuk membeli Jet tempur Su-35 sebagai pengganti pesawat Jet tempur F-5 Tiger milik Indonesia yang kini telah memasuki usia pensiun. Pemesanan ini menjadikan Indonesia sebagai salah satu operator Jet tempur Su-35 di dunia.

Seorang Fotografer Rusia mengabadikan suasana pabrik Sukhoy tempat Jet tempur Super Flanker Su-35 saat sedang dirakit sebagaimana juga diposting di Media online jakartagreater.com. Saat ini Pabrik Sukhoy terus melakukan inovasi dan terus memahami berbagai saran dan pertimbangan untuk membuat fitur-fitur Jet Su-35 makin canggih dan tangguh.

su-35-117-e1438097914980

Ketika  opini publik pencinta Jet militer di dunia, khususnya di Indonesia terus melakukan kajian dengan membandingkan berbagai keunggulan antara Jet tempur Su-35 dengan Jet tempur siluman F-22 Raptor miliki AS, para Insinyur Sukhoy kini melakukan inovasi untuk rancangan yang lebih efisien. Dalam rancangan ini, Jet Su-35 diberikan sepuhan siluman dan efektif untuk menangkal serangan Jet tempur F-22, sehingga kapasitas kekuatan Su-35 akan nampak unggul dari “segi kecerdasan”.

Continue reading Rancangan Jet Su-35 Kini, Agak Siluman dan Efektif Menangkal Jet F-22

Tolak Pembangunan Pangkalan Militer AS di Darwin dan Cocos Islands

images (34)Pangkalan Militer AS di Darwin

Kehadiran pangkalan militer Amerika Serikat di Darwin amat meresahkan Indonesia. Meskipun pangkalan militer ini hanya memiliki tidak lebih dari 2500 prajurid marinir AS, namun dengan melihat bahwa prajurid-prajurid marinir di Darwin merupakan prajurid-prajurid AS yang ditarik dari Afganisthan, Irak dan berbagai konflik Timur Tengah tampaknya meresahkan. Jelas, kehadiran militer di sana memiliki kepentingan yang perlu dipikirkan terkait kondisi di Papua. Ada skenario yang mengatakan bahwa perlu dibuat Referendum di Papua kemudian Papua kacau lalu prajurid PBB dalam hal ini marinir AS dikirimkan ke sana.

Continue reading Tolak Pembangunan Pangkalan Militer AS di Darwin dan Cocos Islands

Lanud El Tari, Benteng dan Pemukul dari Indonesia Timur

76dscn8441 (1)

(Foto: Poskupang.com)

Landasan udara El  Tari terletak di Kupang, ibu kota Propinsi Nusa Tenggara Timur memiliki landasan udara berkelas internasional dan merupakan landasan udara bersejarah. Didirikan sejak masa kolonial, kini landasan udara itu sudah bertaraf internasional dan bisa dipakai untuk mendaratkan dan menyimpan baik pesawat tempur maupun pesawat angkut untuk mendukung operasi udara di kawasan timur Indonesia. Untuk identifikasi penerbangan gelap, telah didirikan radar 225 di Buraen untuk memantau penerbangan selama 1×24 jam secara non stop.

12b4ua

Radar militer di Buraen (Foto:m.kaskus.co.id)

Satuan-Radar-2414

Satuan Radar Buraen Kupang (Foto: Jakartagreater.com)

Aktivitas penerbangan gelap yang berada pada jalur yang melintasi wilayah Timur Indonesia tak bisa dilepaspisahkan dengan kedudukan dan letak wilayah NTT pada wilayah perbatasan Timorleste dan Australia.

Continue reading Lanud El Tari, Benteng dan Pemukul dari Indonesia Timur

Delapanbelas (18) Jet Tempur Su-35 di Tahun 2018

images (39)

Super Flanker Su-35 (Foto:http://artileri-news.blogspot.co.id)

Pesawat Jet tempur Su-35 merupakan pesawat Jet tempur bersenjata yang dapat memperkuat pasukan Indonesia, dan tergolong unggul di panggung militer Asia Tenggara. Pesawat ini memiliki kemampuan avionik canggih yang dapat mengatasi gangguan elektronik dan membutakan pesawat musuh dengan perangkat pengganggunya.

Sebagian besar analis dari Barat sepakat bahwa Su-35 adalah pesawat nonsiluman paling kuat dan dapat mengalahkan semua pesawat tempur barat kontemporer, kecuali pesawat siluman F-22. Namun, F-22 dibanderol seharga 350 juta dolar AS per pesawat, sementara Su-35 dibanderol seharga 65 juta dolar AS. Angkatan Udara Indonesia memesan 18 buah pesawat tempur Jet Su-35S. Generasi pertama Su-35S pesanan Indonesia akan tiba pada tahun 2018.

Continue reading Delapanbelas (18) Jet Tempur Su-35 di Tahun 2018

Dua (2) dari 3 Jenis Jet Tempur Sergab Indonesia yang Paling Ditakuti Saat ini

Insiden Paling Akhir di Timor NTT-Indonesia Timur

Senin siang, 3 November 2014, 2 pesawat tempur Jet Sukhoy Indonesia melakukan pengejaran terhadap satu pesawat jet privat komersial asing dengan operator Saudi Arabian Airlines Gulfstream IV dengan No HZ-103. Peristiwa ini terjadi pada siang hari bolong di langit Belu. Pesawat jenis Gulfstream IV dengan Nomor HZ-103 berangkat dari Singapura menuju Darwin Australia sebelum menuju tujuan akhir Brisbane tersebut sempat mencoba melarikan diri. Dengan cepat dua pesawat Sukhoi Su-30 MK2 dengan call signThunder Flight disiapkan dengan bahan bakar penuh dan amunisi lengkap, termasuk rudal udara ke udara canggih R-73 Archer untuk menyergap sasaran.

Thunder Flight terdiri dari dua Su-30 yang dipiloti Letkol Pnb Vincent/Mayor Pnb Wanda dan Letkol Pnb Tamboto/ Mayor Pnb Ali dalam waktu singkat melaksanakan Scramble dan take off tepat saat pesawat asing melintas meninggalkan wilayah udara Kalimantan menuju selatan Makassar. Continue reading Dua (2) dari 3 Jenis Jet Tempur Sergab Indonesia yang Paling Ditakuti Saat ini

Batas Teritorial Udara Indonesia 110 Km dari Konfigurasi Bumi di Timor-NTT


Pesawat Jet Boeing 747 asing, Jet penumpang tercepat saat ini (Foto: quora.com)

I. Pendahuluan

Sehubungan dengan artikel berbentuk fiksi yang saya tayangkan di Blog ini berjudul Saat Kudengar Deru Mesin Jet di Langit Timor-NTT (http://blasmkm.com/blog/?p=2174), dalam artikel ini saya akan membahas tentang Batas Teritorial Udara Indonesia Sebesar 110 Km dari Konfigurasi Bumi di Timor-NTT,  hal ini saya lakukan untuk menyimak dan melihat seberapa jauh kekuatan dan kesiapsiagaan Indonesia untuk menjaga kedaulatan udara pada kawasan perbatasan yang memiliki resiko besar karena berbatasan langsung dengan Australia.

Timor NTT secara georgafis memiliki batas langsung dengan 2 negara yakni Timorleste dan Australia baik batas daratan, batas lautan maupun batas udara. Kiranya artikel ini menjawabi persoalan batas udara dengan Australia ditinjau dari hukum internasional dan hukum nasional Indonesia, yang saya himpun dari berbagai sumber.

Continue reading Batas Teritorial Udara Indonesia 110 Km dari Konfigurasi Bumi di Timor-NTT

Lima Tahun 20 Hari Menulis di Blog Blasmkm.com

Hari ini tidak terasa sudah 5 tahun lewat 20 hari saya menulis di Blog ini. Blog ini diluncurkan pada 21 Oktober 2011. Apa yang saya tuliskan ialah apa yang saya pikirkan dan hayati serta apa yang saya refleksikan dalam hidupku. Refleksi hidup itu berdasarkan pengamatan dan pengalaman yang mengalir bagaikan air sungai. Blog ini sepertinya sudah melekat dengan identitas saya, eksistensi saya, bahkan esensi saya sebagai manusia.

Selama 5 tahun lewat duapuluh hari saya melakukannya dalam hening dan diam. Sepenuhnya autodidak murni. Karena autodidak murni, maka tampilan Blog ini amatlah sederhana, tak terlalu mewah dan meriah penuh gambar-gambar. Blog ini sepenuhnya berisi tulisan. Dan kalau saya rajin, saya memposting juga gambar-gambar. Tahu sendiri, saya ialah seorang guru di daerah perbatasan RI-Timorleste. Tempat tugas saya ialah SMA Kristen Atambua. Atambua ialah ibu kota Kabupaten Belu. Saya mengajar di sini sejak tahun 2002 hingga saat ini. Mula-mula asisten dosen Akper di Atambua, dekat lapangan udara Haliwen. Meskipun kalau mengajar, saya sering melalui bandara itu dan melihat pesawat-pesawat terbang, tak terpikir bagiku untuk pergi berkarya di luar tempat saya mengajar saat ini. Entah mengapa? Saya sepertinya kerasan di tempat kelahiran saya ini, meskipun sering mendapatkan hujan batu dalam karya-karya saya.

Segala pengalaman, refleksi dan pengetahuan, saya tuangkan dalam Blog ini. Tulisan-tulisan dalam Blog ini, dapat juga anda temukan di Kompasiana.com/1Blas-MK. Alasan saya menulis di sana ialah saya juga tertarik dengan Kompasiana karena aman, nyaman dan intensitas kunjungannya tinggi. Di sana ada dialog antara para pengunjung dan penulis. Sering saya berpikir bahwa menulis di sini sepertinya tanpa dialog, setelah pihak hosting atas usul saya menghentikan ruang komunikasi karena banyaknya koment Spamm. Tetapi saya tetap kerasan berada di Blog ini sebab Blog ini sepertinya ialah rumah saya, tempat di mana hati saya berada.

Berbagai keputusasaan sering datang dan pergi. Karena menulis di sini 100% ialah kerelaan dan keikhlasan dalam dunia Peradabanku: pribadi, keluarga, agama, masyarakat, sekolah dan dunia. Itulah maka saya memberikan nama Blog ini: SUARA PERADABAN ONLINE. Karena saya sadar bahwa, sebagai guru, saya sedang membangun Peradaban.

Blog ini adalah identitasku. Blog ini adalah buah-buah pemikiranku selaras zaman. Blog ini ialah suaraku sendiri. Saya beruntung memiliki Blog ini karena saya percaya bahwa isi Blog ini merupakan harta-harta halus yang perlu saya miliki, lestarikan dan wariskan kepada manusia. Lima tahun lebih 20 hari, bukan waktu yang singkat. Ada rupa-rupa irama pergulatan yang telah kualami. Saya akan menggunakannya untuk hidup hari ini dan menatap hari esok yang lebih baik. Mudah-mudahan Blog ini memliki prospek ke depan demi pembangunan Peradaban.